Solusi Mengatasi Debu Batubara (Dust Control)

debu-batubara

Pencemaran tambang batubara terjadi dimulai sejak pengangkutan. Permasalahan debu batubara itu sendiri yang menghasilkan debu tebal bak asap gunung berapi. Debu yang tidak dapat dikontrol mengakibatkan limbah berupa pencemaran udara, air dan tanah. Merusak lahan gambut yang berfungsi untuk menjernihkan air. Dampak ancaman bagi kesehatan pun tidak main-main. Dari infeksi saluran pernafasan, cacat pada bayi baru lahir hingga kematian. Juga termasuk hilangnya budaya masyarakat setempat karena kehilangan tempat tinggal.

Untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan, diperlukan pencegahan yang efektif sekaligus tidak membebani keuangan perusahaan batubara dengan cara pengendalian debu batubara.

Supercoat® adalah produk cair emulsi berbasis polymer, yang akrab lingkungan , tidak beracun, tidak korosif, tidak terbakar, dan tidak mengakibatkan pencemaran pada lingkungan. Supercoat® berfungsi sebagai bahan pencegah debu dan erosi pada tanah, yang disebabkan oleh terlepasnya partikel-partikel tanah.

Kandungan polymer pada produk tersebut bekerja secara efektif sebagai bonding agent, dimana bahan polymer tersebut akan mengikat partikel (fine coal) dan agregat tanah, sehingga dengan dilakukan pemadatan (compaction) membentuk partikel yang menyatu dan keras.

KELEBIHAN PRODUK

  • Tidak  mengandung bahan  kimia  berbahaya, tidak terbakar
  • Konsentrate   dapat  diencerkan dengan air sesuai dengan aplikasi dan fungsinya
  • Sangat efektif  sebagai pencegah debu dan stabilisasi tanah
  • Aplikasi produk sangat mudah dan ekonomis

Rekomendasi spraying diinstall di Conveyor Loading atau Crushing Plan.

KEADAAN BATUBARA SETELAH DITREATMENT DENGAN SUPERCOAT